Pengecatan Genteng

 Artikel

Pengecatan cat genteng

Fungsi Umum dari Cat Genteng adalah untuk melindungi genteng dari pengaruh cuaca luar seperti lumut dan jamur sekaligus untuk memberikan keindahan dengan warna-warna sesuai pilihan. Langkah pengecatan untuk genteng baru adalah sebagai berikut;
1. sebaiknya pengecatan dilakukan dibawah (sebelum genteng dipasang), hal ini untuk memungkinkan seluruh permukaan genteng terlapisi oleh cat dan untuk menghindari menempelnya debu pada saat cat belum kering sempurna.
2. Untuk genteng yang kurang padat (porus) dianjurkan pemberian lapisan lem sesuai yang direkomendasikan (lem indeks) agar pori-pori genteng tertutup rapat sehingga cat genteng tidak banyak terserap kedalam genteng.
3. Beri lapisan cat secara merata setelah cat diencerkan dengan air bersih dengan penambahan air sebesar 30 – 40 % dari volume cat.
4. Biarkan kering sempurna (2–3 jam) sebelum diberikan lapisan berikutnya dan ulangi sampai permukaan genteng tertutup sempurna.
5. Untuk hasil lebih sempurna beri lapisan akhir dengan vernis genteng (glassure)

Untuk pengecatan genteng lama, langkah pengecatan yang
dilakukan adalah sebagai berikut;
1. Bersihkan genteng lama dari debu dan kotoran lain seperti lumut atau jamur yang mungkin telah tumbuh. Bila perlu gunakan sikat dan air
sabun.

2. Keringkan genteng sehingga benar-benar kering sebelum mulai pelapisan awal
3. Lakukan langkah-langkah selanjutnya seperti pada genteng baru.

Author: 

No Responses

Leave a Reply