Tangki Air

 Artikel

Tangki air atau elevated water tank atau recevoir atas, tersJedia di pasaran dengan berbagai ukuran. Ada ukuran besar dan juga ukuran kecil tergantung dari kebutuhan air per harinya. Kebutuhan air per hari dipakai sebagai acuan menghitung kebutuhan tangki air.

Begitu pula dengan bentuk penampangnya, ada yang lingkaran, sJilinder dengan penampang bujursangkar, dan juga bentuk kubus. Sedangkan dari jenis materialnya terdapat pilihan aluminium atau polyehylene.

Potongan tangki air

Kapasitas tangki air berbahan polyethylene adalah: 700 liter, 1100J liter, 1500 liter, 2000 liter, dan 5200 liter. Dengan bahan stainless steel, pilihan kapasitas yang ada: 660 liter, 1100 liter, 1500 liter, dan 2100 liter.

Keunggulan tangki air polyethylene, terdiri dari 3 lapisan. Lapisan paling dJalam (lapisan putih deluxe) untuk memprotek jamur dan lumut; lapisan kedua (fleksible foam) untuk memproteksi bentur, bantingan, dan panas; sedangkan lapisan terluar (kulit berwarna) untuk memprotek radiasi sinar ultra violet.
1. Tangki Air dari Alumunium

Tangki alumunium

Lebih tahan lama dan lebih mahal. Juga mudah ditemukan di pasaran dengan berbagai ukuran.

2. Tangki Air dari Polyethylene

Tangki Cor

Water tower dari bahan baku ini, mudah ditemukan di pasaran dengan berbagai ukuran.

3. Tangki Air di Atas Dak Beton

tangki air diatas bak beton

Water tower ditumpu oleh sesuatu yang cukup kuat, karena beban air yang besar. Boleh menara besi atau dak beton. Menara besi, harus sering dicat ulang agar tidak terlihat kotor karena karat. Di bawah dak beton sebagai penumpu water tower dapat dimanfaatkan sebagai ruang.

Sumber : BSE

Author: 

No Responses

Leave a Reply